Cari

Sabtu, 12 Maret 2011

GAYA BERKOMUNIKASI SISWA SMA NEGERI 1 KENDARI MELALUI MEDIA ONLINE

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Penelitian
Kecanggihan teknologi pada saat ini memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan sarana komunikasi. Salah satu kebutuhan utama bagi manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi adalah kebutuhan berkomunikasi. Untuk itu di butuhkan sarana komunikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam rangka pengiriman maupun penerimaan pesan untuk informasi yang di butuhkan.
Seiiring dengan majunya teknologi dimana semakin hari teknologi yang ditawarkan semakin canggih dan sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan masyarakat, pengaruhnya terhadap gaya hidup khususnya dikota besar adalah salah satu dampaknya. Sebagian orang mungkin akan merasa ketinggalan zaman apabila tidak mengerti apa dan bagaimana itu internet. Menurut Ramelan, dkk (dalam Pengantar Internet 2000), internet adalah suatu jaringan komputer global terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-kompuer yang terhubung ke jaringan tersebut.
Melalui dunia maya, membangun relasi seluas-luasnya bisa dilakukan kapan saja. Internet telah memangkas sebagai besar kendala manusia untuk menjalin relationship dengan siapa saja. Internet sebagai media komunikasi. Melalui internet dapat dilakukan komunikasi baik antar individu maupun antar organisasi melalui fasilitas seperti e mail, fax, chatting dan teleconference (dalam nuril anwar.blog).
Belakangan masyarakat semakin gencar dengan internet karena teknologi tersebut sangat menggiurkan pemakainnya. Dengan kehadiran situs-situs jejaring sosial, internet semakin diminati. Masyarakat berlomba-lomba membeli handphone yang menyediakan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya.
Dampak positif yang di timbulkan media internet. Misalnya sebagai sumber informasi, media komunikasi, e-commerce, media promosi, pengisian dan query data. Internet sebagai sumber menggali infomasi. Melalui internet, kita dapat mengakses infomasi global baik pada lembaga internasional seperti FAO, USDA, IMF maupun lembaga nasional seperti BPS, LIPI dan Universitas. Barangkali infomasi yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan internasional, nasional, maupun lokal yang berisi produk-produk mereka (dalam nuril anwar.blog). Disamping itu terdapat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet, salah satunya yaitu mudahnya masyarakat dalam mengakses situs-situs porno yang mengakibatkan rusaknya moral masyarakat dan banyak situs-situs jejaring sosial yang menawarkan gratis (seperti Facebook, Twitter, etc) yang dapat menyebabkan ketergantungan pada pengguna.
Adanya internet memang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat khususnya masyarakat dikota besar. Teknologi ini memang sulit ditolak karena teknologi ini banyak sekali meraup manfaat, walaupun menuai dampak negatif juga. Dampak teknologi internet yang maju dengan pesat ini akan dan telah merubah pola kehidupan manusia. Sekali lagi dampak baik maupun buruk yang diperoleh kembali lagi diserahkan kepada pengguna. Pengguna diharapkan untuk memanfaatkan internet secara maksimal namun dengan norma-norma yang belaku.
Di lingkungan SMA Negeri 1 Kendari pun perkembangan teknologi sangat terasa. Hampir semua siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Kendari memiliki HP bahkan laptop sendiri. Jenisnya pun beragam dan sangat bervariasi. Semua alat komunikasi tersebut memiliki manfaat-manfaat yang berguna bagi para pemakainya selain untuk telepon dan sms. Misalnya untuk mengakses internet lewat HP dengan koneksi GPRS, dan Laptop dengan koneksi Wifi yang sudah banyak di sediakan di sekolah¬sekolah saat ini termasuk di SMA Negeri 1 Kendari.
Siapa yang tidak kenal dengan internet? Tentunya setiap siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Kendari sudah sangat akrab dengan kata tersebut. Dengan alat-alat yang mereka miliki, para siswa dan siswi dapat mengakses internet kapanpun dan dimanapun mereka mau (dengan koneksi tentunya). Beberapa site yang paling sering dikunjungi adalah yahoo, yahoo messenger untuk chatting, wikipedia serta blog untuk mencari informasi, facebook, dan twitter.
Dewasa ini siapa yang tidak tahu tentangmedia online yang berupa facebook, dan twitter adalah sebuah situs jaringan sosial yang sedang digemari oleh banyak orang saat ini, terutama di kalangan para remaja. Hampir 99% remaja yang apabila ditanya apakah mereka mengetahui tentang facebook, dan twitter atau tidak pasti akan langsung menjawab ’iya’. Hal ini disebabkan karena facebook dan twitter yang sedang trend remaja saat ini. Bahkan sudah dianggap sebagai bagian dari gaya pergaulan mereka.
Berikut ini penulis menguraikan sebuah ilustrasi sebagai berikut:
Seorang anak dikenal sebagai anak yang pemalu disekolahnya, di sekolah tidak banyak yang dilakukannya. Saat istirahat pun saat rekan-rekannya sibuk mengobrol dan bersenda gurau dengan teman sebaya, ia malah asyik dengan dirinya. Jika tidak diperpustakaan untuk membaca maka yangdilakukan hanya sendirian menikmati makan siangnya. Tetapi keadaannya berbeda sekali ketika ia sampai dirumah. Sesampainya dirumah ia langsung menghubungkan komputernya dengan internet. Di internet diluar dugaan ternnyata banyak sekali teman yang dimilikinya. Lewat situs jejaring social (social networking sites) seperti friendster, facebook dan lainnya teman yang dipunyainya ada puluhan bahkan mendekati ratusan. Jika didunia nyata teman-teman yangdimiliki hanya sedikit, didunia maya teman-temannya banyak sekali.
Berdasarkan ilustrasi di atas, maka perlunya melakukan analisa terhadap pola kehidupan siswa di sekolah maupun di rumah sebagai berikut; (1). Internet bisa menjadi pelarian dari kehidupan nyata bagi siswa, dengan demikian jika dalam kehidupan nyata dia gagal melakukan pertemanan, di dunia maya tinggal tekan tombol bertambahlah satu lagi temannya. (2). Kebutuhan berkomunikasi adalah sifat dasar manusia, jika terhalang dalam satu kesempatan maka individu akan melakukannya dengan fasilitas lain dalam kesempatan yang lain pula. (3). Teknologi internet memungkinkan seseorang ‘merasa’ mempunyai pertemanan dan jaringan sosial, padahal belum tentu juga ada keterikatan emosi yang terjadi disitu. (4). Siswa dan siswi kita mempunyai dua arena bermain, dunia nyata dan dunia maya. (5). Disekolah guru kurang mencermati kepribadian siswa jenis ini, akibatnya penggunaan metode belajar yang membuat anak mau berpikir kritis serta berperan sebagai komunikator yang efektif juga jarang dilakukan.
Banyak sekali para remaja yang senang mengunjungi dan menggunakan situs ini adapun jumlah pengguna situs Facebook di Indonesia sekitar 2 jutaan orang untuk saat ini dan Twitter sekitar 1 jutaan lebih yang menggunakannya di indonesia. Begitupun dengan para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kendari yang sudah termasuk dalam pengguna situs tersebut. Saat ini banyak sekali dari mereka yang menggunakan facebook, dan twitter sebagai sarana komunikasi. Bahkan banyak di antara mereka yang sudah menjadi facebook, dan twitter mania yaitu sebuah komunitas bagi para pengguna facebook, dan twitter yang sangat suka menggunakan facebook, dan twitter. Namun seperti semua hal yang ada di dunia ini, facebook, dan twitter pasti memiliki dampak¬-dampak atau pengaruh-pengaruh bagi para penggunanya. Termasuk pengaruh terhadap komunikasi para penggunanya. Hal inilah yang akan diteliti lebih lanjut dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini juga akan membahas tentang trend berkomunikasi siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kendari melalui media online seperti facebook, dan twitter.

(sumber: Arbit-Jurusan Komukasi Fisip Unhalu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar