1.1. Keadaan Geografis
Secara umum wilayah Kota Kendari yang mencakup Letak Geografis, Batas Wilayah, Luas Wilayah, Kondisi Tanah, dan Keadaan Iklim.
1.1.1. Letak
Wilayah Kota Kendari dengan ibukotanya Kendari dan sekaligus juga sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Tenggara secara geografis terletak di bagian Selatan Garis Katulistiwa berada di antara 3054’30” -40 3’11” LS dan membentang dari Barat ke Timur di antara 1220 23’ -1220 39’ BT.
Sepintas tentang letak wilayah Kota Kendari Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Soropia, Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Kendari di kabupaten Konawe, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Moramo dan Kecamatan Konda, Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Ranomeeto di Kabupaten Konawe Selatan dan Kecamatan Sampara di kabupaten Konawe.
1.1.2. Luas Wilayah
Wilayah Kota Kendari terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi. Wilayah daratannya sebagian besar terdapat di daratan Pulau Sulawesi mengelilingi Teluk Kendari dan terdapat 1 Pulau yaitu Pulau Bungkutoko. Luas wilayah daratan Kota Kendari 295,89 Km2 atau 0,70% dari luas daratan Propinsi Sulawesi Tenggara.
Luas wilayah menurut kecamatan sangat beragam, Kecamatan Poasia merupakan wilayah kecamatan yang paling luas (52,52 Km2), kemudian menyusul Kecamatan Abeli (50,49 Km2), Kecamatan Baruga (41,68 Km2), Kecamatan Mandonga (22,65 Km2), Kecamatan Kendari Barat (21,31 Km2) dan Kecamatan Kendari (14,19 Km2), Kecamatan Puuwatu (42,70 Km2) Kecamatan Kadia (9,97 Km2) Kecamatan Kambu (28,75 Km2) Kecamatan Wua-Wua (11,63 Km2).
3.1.3 Topografi, Geologi dan Iklim
a. Topografi.
Topografi wilayah Kota Kendari pada dasarnya bervariasi antara datar dan berbukit. Daerah datar yang terdapat di bagian Barat dan Selatan Teluk Kendari. Kecamatan Kendari yang terletak di sebelah Utara teluk sebagian besar terdiri dari perbukitan (Pegunungan Nipa-nipa) dengan ketinggian ± 459 M dari permukaan laut, sedangkan ke arah Selatan tingkat kemiringan antara 4% -30%, bagian Barat (Kecamatan Mandonga) dan selatan (Kecamatan Poasia) terdiri dari daerah perbukitan bergelombang rendah dengan kemiringan ke arah Teluk Kendari.
Kondisi tanah Kota Kendari terdiri dari tanah liat bercampur pasir halus dan berbatu diperkirakan berjenis aluvium berwarna cokelat keputihan dan ditutupi Prafesier (batu lempung atau batu apung).
a. Iklim dan Musim
Sebagaimana daerah-daerah lain di Indonesia, Kota Kendari dikenal 2 (dua) musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Keadaan musim sangat dipengaruhi oleh arus angin yang bertiup di atas wilayah Kota Kendari.
Sekitar bulan April, arus angin selalu tidak menentu dengan curah hujan yang tidak merata. Musim ini dikenal dengan musim “panca roba”, atau peralihan antara musim hujan dan musim kemarau. Pada bulan Mei sampai dengan Bulan Agustus, angin bertiup dari arah Timur berasal dari Benua Australia yang mengandung uap air. Pada Bulan Agustus sampai dengan Bulan Oktober terjadi musim kemarau. Kemudian pada Bulan November sampai dengan Bulan Maret angin bertiup banyak mengandung uap air yang berasal dari Benua Asia dan Samudera Pasifik, setelah melewati beberapa lautan. Pada bulan-bulan tersebut di wilayah Kota Kendari dan sekitarnya biasanya terjadi musim hujan. Menurut data yang ada memberikan indikasi bahwa di Kota Kendari Tahun 2007 terjadi 203 hh (hari hujan) dengan curah hujan 3.467 mm.(Kendari dalam angka 2008)
b. Suhu Udara
Suhu udara dipengaruhi oleh berbagai macam faktor perbedaan ketinggian dari permukaan laut, daerah pegunungan dan daerah pesisir mengakibatkan keadaan suhu yang sedikit beda untuk masing-masing tempat dalam suatu wilayah. Secara keseluruhan, wilayah Kota Kendari merupakan daerah bersuhu tropis.
Menurut data yang diperoleh dari Pangkalan Udara Wolter Monginsidi Kendari selama Tahun 2007 suhu udara maksimum 32,250 C dan minimum 21,170 C. Tekanan udara rata-rata 1,009.1 mili bar dengan kelembaban udara rata-rata 77,50%. Kecepatan angin di Kota Kendari selama Tahun 2007 pada umumnya berjalan normal, mencapai 3,75 m/detik.
1.2. Keadaan Penduduk dan Tenaga Kerja
1.2.1. Jumlah dan Laju Pertumbuhan Penduduk
Penduduk Kota Kendari pada tahun 2005 sebesar 226.056 jiwa, tahun 2006 sebesar 244.586 jiwa dan tahun 2007 sebesar 251.477 jiwa yang tersebar pada 10(sepuluh) wilayah Kecamatan. Berdasarkan data tersebut di atas, terlihat laju pertumbuhan penduduk Kota Kendari mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Laju pertumbuhan penduduk Kota Kendari tahun 2005–2007 tercatat sebesar 2,82% per tahun.
Untuk laju pertumbuhan penduduk menurut kecamatan, Kecamatan Kendari, Abeli dan Kecamatan Kendari Barat berada di atas laju pertumbuhan penduduk Kota Kendari yaitu masing-masing 11,17% untuk Kecamatan Kendari dan 7,3% Kecamatan Abeli dan 5,60 % Kecamatan Kendari Barat, sedangkan 7 (tujuh) kecamatan lainnya laju pertumbuhan penduduk dianggap konstan atau rata-rata diatas 2%.
1.2.2. Persebaran Penduduk
Persebaran penduduk Kota Kendari tahun 2007 sekarang terpusat di Kecamatan Kendari Barat yang dihuni 42.887 jiwa, menyusul Kecamatan Mandonga yang dihuni 36.443 jiwa. Penyebab utama terjadinya persebaran penduduk di dua kecamatan ini karena terjadi pergeseran kegiatan perekonomian Kota Kendari dengan semakin banyaknya sarana perekonomian yang dibangun.
Setelah ke-2 kecamatan di atas, persebaran penduduk yang paling banyak ada di Kecamatan Kendari dan Kadia masing-masing dihuni oleh 25.883 jiwa dan 28.825 jiwa.
Tabel 1.1 Jumlah penduduk Kota Kendari menurut Kecamatan Tahun 2006 dan Tahun 2007 (Dalam jiwa/km2)
Kecamatan | Luas (Km2) | Jmlh Pddk (jiwa) | Kepadatan (jiwa/km2) | ||
2006 | 2007 | 2006 | 2007 | ||
Mandonga | 22,65 | 35.442 | 36.443 | 1.564,77 | 1.608,96 |
Poasia | 52,52 | 18.972 | 19.987 | 361,23 | 371,44 |
Kendari | 14,19 | 25.176 | 25.883 | 1.774,21 | 1.824,03 |
Baruga | 41,68 | 12.630 | 12.987 | 303,02 | 311,59 |
Abeli | 50,49 | 20.801 | 21.388 | 411,98 | 423,61 |
Kendari Barat | 21,31 | 41.712 | 42.887 | 1.957,39 | 2.012,53 |
Puuwatu | 42,70 | 22.567 | 23.204 | 528,50 | 543,42 |
Wua-wua | 11,63 | 19.589 | 20.147 | 1.684,35 | 1.732,33 |
Kambu | 28,75 | 19.651 | 20.205 | 683,51 | 702,78 |
kadia | 9,97 | 28.046 | 28.825 | 2.813,04 | 2.891,17 |
Jumlah | 295,89 | 244.586 | 251.477 | 826,61 | 849,90 |
Sumber : Kota Kendari Dalam Angka 2008, BPS
Gambar 1.2. Persentase Kepadatan Penduduk Tiap Kecamatan di Kota Kendari
1.2.3. Struktur Umur, Jenis Kelamin dan Keluarga
Struktur umur penduduk pada suatu daerah sangat ditentukan oleh perkembangan tingkat kelahiran, kematian dan migrasi. Oleh karena itu jika angka kelahiran pada suatu daerah cukup tinggi maka dapat mengakibatkan daerah tersebut tergolong sebagai daerah penduduk usia muda. Keadaan struktur umur penduduk di Kota Kendari menunjukkan bahwa pada Tahun 2007 sepertiga lebih jumlah penduduk yaitu 42,41% dari jumlah penduduk Kota Kendari atau sebanyak 106.653 jiwa adalah penduduk usia muda yang berumur di bawah 20 tahun. Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk dari hasil survey antar sensus 2007 adalah sejumlah 251.477 jiwa, terdiri dari 123.224 jiwa (49%) adalah laki-laki dan 128.253 jiwa (51%) adalah perempuan.
1.2.4. Ketenagakerjaan
Pembangunan Kota Kendari pada dasarnya adalah pembangunan manusia seutuhnya yang menempatkan penduduk pada peranan yang sangat penting baik sebagai subyek maupun obyek pembangunan.
Agar program pembangunan yang dilaksanakan itu dapat berhasil guna dan berdaya guna secara maksimal perlu didukung oleh tersedianya informasi yang lengkap tentang ketenagakerjaan di Kota Kendari yang sangat penting sebagai dasar dalam menentukan perencanaan kebijakan pembangunan ketenagakerjaan.
Gambaran yang akan di tampilkan sajian publikasi ini adalah penduduk yang bekerja, pencari kerja dan penduduk yang bekerja menurut jenis kegiatan, ketenagakerjaan tahun 2007 diketahui bahwa jumlah angkatan kerja penduduk Kota Kendari sebesar 73.549 jiwa, bukan angkatan kerja sebesar 52.190 jiwa, dan persentase pekerja terhadap angkatan kerja sebesar 85,11 % sedangkan persentase angkatan kerja terhadap penduduk berusia 10 tahun ke atas sebesar 43,09 %
Data ketenagakerjaan menurut lapangan pekerjaan utama masyarakat Kota Kendari adalah sebagai berikut: (1) Pertanian 10.426 jiwa; (2) Pertambangan 0 jiwa; (3) Industri 5.806 jiwa; (4) Listrik, Gas dan Air 0 jiwa; (5) Konstruksi 13.992 jiwa; (6) Perdagangan 58.608 jiwa; (7) Keuangan 4.855 jiwa; (8) Transportasi dan Komunikasi 23.770 jiwa; (9) Jasa-Jasa 51.946 jiwa dan Lainya 1.286 jiwa.
1.3. Keadaan Sosial Ekonomi
1.3.1. Keadaan Ekonomi
Tolok ukur keberhasilan pembangunan ekonomi yang dicapai suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, antara lain dapat dilhat dari data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Dari data PDRB kita dapat melihat seperti; pendapatan regional, pendapatan perkapita dan pertumbuhan ekonomi regional.
Data dan informasi yang disajikan, selain merupakan evaluasi hasil pembangunan yang telah dicapai, juga akan menjadi dasar dalam menyusun konsep, strategi dan kebijaksanaan pembangunan pemerintah daerah yang akan ditempuh pada masa yang akan datang.
PDRB Kota Kendari Atas Dasar Konstan pada Tahun 2000 adalah sebesar Rp 848.208,75 berarti memberikan sumbangan sekitar 14,69 % terhadap pembentukan PDRB Sultra sebesar Rp.5.774.652,61 Tahun 2001 PDRB Kota Kendari sebesar Rp 980.125,60 memberikan kontribusi sekitar 16,16 % terhadap pembentukan PDRB Sultra.sebesar Rp. 6.063.985,85 Selanjutnya pada Tahun 2002 total PDRB Kota Kendari sebesar Rp 1.000.603,71 memberikan sumbangan sekitar 15,47% terhadap pembentukan PDRB Sultra.sebesar Rp. 6.468.061,84 Pada tahun 2003 total PDRB Kota Kendari sebesar Rp 1.066.985,13 memberi kontribusi sekitar 15,34% terhadap pembentukan PDRB Sultra,sebesar Rp. 6.957.662,46 sedangkan pada Tahun 2004 dari total PDRB Kota Kendari sebesar Rp 1.167.008,11 memberikan kontribusi sekitar 15,58% terhadap PDRB Sultra sebesar Rp. 7.470.831,73 dan pada tahun 2007 PDRB Kota Kendari atas dasar harga berlaku sebesar Rp. 11.330.000
Bila mengamati laju pertumbuhan Kota Kendari dalam kurun waktu 2003 – 2006 pertumbuhan ekonomi Kota Kendari rata-rata 8,8 % pertahun. Dan pada tahun 2007 pertumbuhan ekonomi daerah ini mengalami sedikit perlambatan karena pertumbuhan ekonomi hanya mencapai 7,46 % angka tersebut lebih tinggi dari angka Pemerintah Kota Kendari pertumbuhan eknomi secara nasional sebesar 6,32% walaupun sedikit lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi provinsi Sultra yang mencapai 7,96%.
Nilai nominal PDRB Kota Kendari tahun 2007, Rp.2,849 miliar. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, dari Sembilan sector perekonomian, peranan sector pengangktan dan komunikasi terhadap pembentukan total nilai PDRB atas dasar harga berlaku Kota Kendari tampak tetap yang terbesar , dan menunjukan tren yang terus meningkat. Pada tahun 2003 peranan sector pengangkutan dan komunikasi sebesar 22,46 persen dari total nilai PDRB Kota Kendari dan pada tahun 2004 persentasenya sedikit menurun menjadi 22,04 persen atau turun 0,42 poin. Selanjutnya mengalami peningkatan 2,18 poin hingga menjadi 24,22 persen pada tahun 2005. Peranan sector tersebut terus meningkat menjadi 24,52 persen pada tahun 2006 dan tahun 2007 sebesar 25,68 persen.
Sumbangan terbesar terhadap pembentukan nilai tambah di sector pengaangkutan dan komunikasi tersebut, berasal dari sub sector angkutan jalan raya sebesar 20,08 persen terhadap total nilai PDRB dan kemudian menyusul sub sector komunikasi sebesar 3,27 persen. Sedangkan sub sector angkutan laut dan jasa penunjang angkutan diperkirakan hanya mampu memberikan peranan dengan porsi sekitar 0,78 persen dan 1,55 persen terhadap PDRB yang berarti peranan kedua sub sector ini relative konstan dalam tiga tahun terakhir.
Peranan besar kedua adalah sector perdagangan, hotel dan restoran dengan prsentase sebesar 19,67 persen kemudian diikuti oleh sector pertanian terbesar ketiga sekitar 17,18 persen dari total nilai PDRB Kota Kendari.sektor-sektor lain yang diperkirakan cukup tinggi peranannya pada tahun 2007, yaitu berturut-turut sector jasa-jasa 10,71 persen, sector keuangan 10,48 persen, sector industry 6,67 persen dan sektor konstruksi 6,50 persen, sektor listrik dan air minum 2,95 persen serta sektor penggalian peranannya adalah yang terrendah sebesar 0,18 persen.
Angka-angka tersebut di atas, menunjukan bahwa struktur ekonomi di daerah Kota Kendari telah mengarah pada keseimbangan, yaitu suatu sturktur yang dibutuhkan oleh suatu perekonomian daerah perkotaan.
Lebih dari itu perekonomian Kota Kendari cenderung menuju arah ekonomi modern, karena modernisasi suatu masyarakat cenderung memperbesar pengeluarannya pada kelompok sector tersier atau jasa-jasa (dalam pengelompokan sector-sektor ekonomi menjadi tiga kelompok sector ekonomi yaitu primer, sekunder dan tersier; Agricultur, Manufakturing dan Service). Indikasi tersebut dapat dilihat dengan semakin besarnya peranan sector tersier dari total PDRB dan terus menunjukan peningkatan dalam lima tahun terakhir. Peranan sector tersier pada tahun 2003 sebesar 61,45 persen dari total nilai PDRB meningkat menjadi 62,81 persen pada tahun 2004 atau naik 1,36 poin. Dan sampai tahun 2007, peranan sector tersier sebesar 66,52 persen, mengalami peningkatan 1,04 poin dari tahun sebelumnya. Sebaiknya peranan sector primer setiap tahunnya terus menunjukan penurunan dari sekitar 20,76 persen pada tahun 2003 menjadi 17,18 persen pada tahun 2007.
Tabel 1.4. Peranan Sektor Ekonomi dalam PDRB Kota Kendari ADH Konstan Tahun 2001-2004 (%)
Sektor | 2002 | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 |
1. Pertanian | 18,63 | 17.42 | 16.81 | 16.82 | 15.76 |
2. Pertambangan dan Penggalian | 0.20 | 0.19 | 0.20 | 0.20 | 0.20 |
3. Industri Pengolahan | 8,97 | 8.75 | 8.57 | 8.34 | 7.98 |
4. Listrik dan Air minum | 1.40 | 1.53 | 1.92 | 2.09 | 2.10 |
5. Konstruksi/Bangunan | 7.75 | 7.29 | 7.08 | 7.25 | 7.28 |
6. Perdagangan, Hotel dan Restoran | 19.47 | 19.83 | 19.64 | 19.48 | 18.65 |
7. Pengangkutan dan Komunikasi | 23.76 | 24.17 | 24.06 | 24.31 | 24.61 |
8 Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan | 5.55 | 7.59 | 9.16 | 9.29 | 11.38 |
9. Jasa-Jasa | 13.87 | 13.23 | 12.56 | 12.26 | 12.06 |
Jumlah | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
Sumber : PDRB Kota Kendari Tahun 2002 – 2006
Penyumbang tertinggi ke dua adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran yang memberikan kontribusi 18,65 %. Selanjutnya sektor Pertanian menyumbangkan kontribusi sekitar 15,76 %. Sementara lima sektor ekonomi yang lain memberikan kontribusi terhadap pembentukan PDRB Kota Kendari Tahun 2006 masing-masing di bawah 10%.
Salah satu tolok ukur untuk mengetahui tingkat kemakmuran suatu daerah dapat dilihat dari besarnya PDRB perkapita. Berdasarkan harga berlaku, PDRB perkapita Penduduk Kota Kendari pada tahun 2006 sebesar Rp.9.733.457,68 atau mengalami kenaikan sebesar 11,20 persen dari angka tahun sebelumnya yakni tahun 2005 yang mencapai Rp.8.753.216,77 peningkatan yang dicapai tahun 2006 lebih rendah jika dibanding dengan peningkatan PDRB per kapita Kota Kendari yang dicapai tahun 2005, sebesar 26,49 persen.
Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Kendari dengan Sulawesi Tenggara selama tahun 1999 s.d 2003 adalah sebagai berikut:
1.3.2. Keadaan Sosial
Kebijaksanaan pokok dalam pembangunan di bidang kesejahteraan sosial ditujukan untuk mendorong peningkatan kesadaran, rasa tanggung jawab sosial, dan kemampuan golongan-golongan masyarakat tertentu guna mengatasi masalahmasalah yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat serta terwujudnya partisipasi mereka dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Dengan demikian diharapkan makin meningkatnya usaha-usaha pembangunan oleh masyarakat sendiri.
Usaha tersebut meliputi kegiatan di bidang pendidikan, agama, kesehatan, keluarga berencana, keamanan dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial lainnya.
a. Tingkat Pendidikan
Sebagaimana yang diamanatkan oleh Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasioanal dan RPJM Nasional serta RPJMD Kota Kendari, maka sasaran pembangunan pendidikan dititikberatkan pada peningkatan mutu dan perluasan kesempatan belajar di semua jenjang pendidikan, yaitu mulai dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi. Upaya peningkatan mutu pendidikan yang ingin dicapai tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan manusia seutuhnya. Sedangkan perluasan kesempatan belajar dimaksud agar penduduk usia sekolah yang setiap tahun mengalami peningkatan sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk untuk dapat memperoleh kesempatan pendidikan yang seluas-luasnya.
Pelaksanaan pembangunan pendidikan di Kota Kendari selama ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Indikator yang dapat mengukur tingkat perkembangan pembangunan pendidikan di Kota Kendari seperti sekolah (banyaknya ruang belajar), guru dan murid, guru per sekolah, murid per sekolah, dan murid perguru. Data-data tersebut dapat dilihat pada Tabel 1.2.
Tabel 1.2. Keadaan Sekolah, Guru dan Murid Menurut Tingkat Pendidikan
Tingkat Pendidikan | Sekolah | Guru | Murid | Guru/ Sekolah | Murid/ Sekolah | Murid/ Guru |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
TK 2005/2006 2006/2007 2007/2008 | 70 68 74 | 250 268 271 | 2874 2088 2797 | 3,37 3,94 6,77 | 41,06 30,71 37,80 | 11,50 7,79 10,32 |
SD 2005/2006 2006/2007 2007/2008 | 123 118 124 | 1,424 1,600 1,346 | 35,275 32,368 33,714 | 11,58 13,56 10,85 | 286.79 286,79 274,31 | 24.77 20,23 25,05 |
SLTP 2005/2006 2006/2007 2007/2008 | 26 38 38 | 677 939 1,062 | 9.154 11,244 13,396 | 26,04 24,71 27,94 | 352,08 295,89 352,53 | 13,52 11,97 12,61 |
SLTA 2005/2006 2006/2007 2007/2008 | 23 35 36 | 514 1,214 1,346 | 10,688 13,621 15,099 | 22,35 34,69 37,38 | 464,70 389,17 419,42 | 20,79 11,22 11,22 |
Sumber: Kota Kendari dalam angka tahun 2008
Gambar 1.3. Perkembangan Rasio Jumlah Guru Untuk Setiap Sekolah Di Kota Kendari dari Tahun 2005 – 2008
Gambar 1.3 menunjukkan rasio jumlah guru terhadap jumlah sekolah yang ada di Kota Kendari. Dari data tersebut terlihat bahwa rasio yang ada pada semua tingkatan pendidikan, dimulai dari TK,SD, SLTP dan SLTA sangat bervariasi. Pada tingkatan Taman Kanak-Kanak (TK), tiga tahun terakhir menunjukkan penurunan jumlah guru untuk setiap sekolah TK, adapun rata-rata jumlah guru dalam satu sekolah TK adalah 4 orang guru. Pada tingkatan SD, rasio guru/sekolah menunjukkan adanya peningkatan meskipun tidak signifikan, dan rata-rata jumlah guru dalam satu sekolah adalah 11 orang. Pada tingkatan SLTP, rasio guru/sekolah menunjukkan kecenderungan penurunan, dan rata-rata jumlah guru untuk setiap sekolah pada level SLTP sekitar 28 orang guru. Pada tingkatan SLTA, rasio guru/sekolah menunjukkan kecenderungan kenaikan yang tidak terlalu signifikan, rata-rata rasio jumlah guru untuk setiap sekolah pada level SLTA adalah 37 orang.
Gambar 1.4. Perkembangan Rasio Jumlah Murid Untuk Setiap Sekolah Di Kota Kendari dari Tahun 2005 – 2007
Gambar 1.4 menunjukkan rasio murid/ sekolah pada semua tingkatan sekolah. Rasio murid/sekolah pada level TK cenderung mengalami penurunan jumlah murid dalam suatu sekolah dengan rata-rata jumlah murid sebanyak 38 murid TK dalam satu sekolah pada tahun 2007. Rasio murid TK yang menurun diakibatkan oleh bertambahnya jumlah sekolah, namun seiring dengan hal tersebut juga terjadi penurunan jumlah murid. Pada tingkatan SD, rasio murid/sekolah cenderung menurun, dengan rata-rata jumlah murid SD dalam tahun 2005 satu sekolah sekitar 285 orang dan pada tahun 2007 satu sekolah sekitar 272 orang, hal ini disebabkan oleh jumlah sekolah yang bertambah dan jumlah murid cenderung meningkat namun peningkatannya relatif kecil. Pada tingkatan SLTP, rasio murid/sekolah cenderung meningkat, dengan jumlah murid dalam satu sekolah sekitar 353 orang siswa dari jumlah sekolah sebanyak 35 buah sekolah, namun jumlah siswa yang terdaftar cenderung mengalami penurunan. Pada tingka SLTA, rasio jumlah murid/sekolah mengalami peningkatan dengan jumlah murid pada satu sekolah sekitar 419 orang siswa. Secara umum terjadinya penurunan rasio jumlah siswa terhadap jumlah sekolah atau peningkatan rasio jumlah siswa disebabkan pilihan terhadap sekolah yang bervariatif dan juga adanya tidak memilih lagi bersekolah di Kota Kendari tetapi pada daerah lain, peningkatan jumlah usia sekolah khususnya pada sekolah lanjutan di perkirakan oleh beberapa akibat, antara lain; sarana dan prasarana pendidikan di Kota Kendari semakin membaik dan adanya beberapa kebijakan yang memudahkan orang untuk bersekolah di Kota Kendari serta masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah perbatasan lebih memilih Kota Kendari untuk melanjutkan pendidikan.
Tabel 1.3. Standar Pelayanan Minimum Rasio Murid Sekolah Pada Semua Tingkatan Sekolah
No. | Tingkatan Pendidikan | Kapasitas Maksimal | Kapasitas Terisi | Daya Tampung |
1 | TK | 2 x 25 = 50 siswa | 38 | Baik |
2 | SD | 6 x 40 =240 siswa | 272 | Cukup |
3 | SLTP | 9 x 40 =360 siswa | 353 | Baik |
4 | SLTA | 9 x 40 =360 siswa | 419 | Kurang |
Sumber : Diolah dari Data Kota Kendari Dalam Angka Tahun 2007
Berdasarkan data sebagaimana terlihat pada Tabel 1.3 menunjukkan bahwa rasio murid-sekolah pada tingkat TK masih memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM), sedangkan pada tingkat pendidikan SD, SLTP dan SLTA menunjukkan nilai rasio yang sudah melebihi SPM, dengan asumsi 1 Ruang Kelas Belajar (RKB) dapat menampung murid/siswa sebanyak 40 orang.
Gambar 1.4a. Perkembangan Rasio Jumlah Murid Terhadap Jumlah Guru Di Kota Kendari dari Tahun 2002 – 2007
Jumlah murid yang ditangani oleh seorang guru pada semua tingkatan memiliki nilai rasio yang cukup baik, kecuali pada tingkatan SD, dimana jumlah siswa yang ditangani oleh seorang guru sebanyak 25 orang siswa pada tahun 2005, cenderung konstan selama kurun waktu tahun 2005/2006 hingga 2007/2008. Hal tersebut disebabkan oleh pertambahan jumlah murid SD sebanding dengan pertambahan jumlah guru.
b. Tingkat Kesehatan
Seperti yang diuraikan pada sector pendidikan pada sector kesehatan ini seperti yang di diamana hkan oleh Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasioanal dan RPJM Nasional serta RPJMD Kota Kendari digariskan adalah mengusahakan kesempatan yang lebih luas bagi setiap warganya untuk mendapatkan derajad kesehatan yang sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan yang ada. Perbaikan pemeliharaan kesehatan masyarakat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas kemampuan tenaga kerja bagi keperluan pembangunan, serta untuk meningkatkan terwujudnya kesejahteraan rakyat.
Untuk mencapai sasaran pembangunan bidang kesehatan di Kota Kendari tetap digiatkan pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan.
Pada tahun 2007 fasilitas kesehatan yang ada di Kota Kendari berjumlah 46 unit, dengan rincian sebagai berikut: (1) Rumah Sakit 11 unit; (2) Puskesmas Induk 11 unit; (3) Pustu 20 unit; (4) Puskesmas plus 4 unit.
Pada tahun 2007 tenaga kesehatan yang ada di Kota Kendari berjumlah 530 orang, dengan rincian sebagai berikut: (1) dokter gigi 12 orang; (2) dokter umum 31 orang; (3) apoteker 4 orang; (4) S1 kesehatan lain 42 orang; (5) bidan 96 orang; (6) perawat 199 orang; (7) tenaga kesehatan lainnya 111 orang; (8) pekarya kesehatan 10 orang; dan (9) non kesehatan 44 orang.
c. Agama
Pembangunan di bidang keagama diarahkan untuk menciptakan keselarasan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan penciptanya serta dengan alam sekitarnya.
Pada tahun 2007 dari jumlah penduduk sebanyak 251.477 jiwa, di antaranya sebanyak 212.519 orang (92,46%) adalah pemeluk agama Islam, 4.715 orang (2,15%) adalah pemeluk agama Katholik, 8.897 orang (4,43%) adalah pemeluk agama Kristen Protestan, 1.481 orang (0,62%) adalah pemeluk agama Hindu, dan 696 orang (0,36%) pemeluk agama Budha. Untuk sarana peribadatan yang terbangun di Kota Kendari sebanyak 366 buah dengan rincian sebagai berikut: jumlah Mesjid sebanyak 284 buah, mushola sebanyak 54 buah, Gereja Katholik 19 buah, Gereja Protestan sebanyak 6 buah, dan Pura/Vihara sebanyak 3 buah.
d. Sistem Sosial
Dalam struktur pelapisan sosial, golongan yang paling dihormati adalah golongan bangsawan (anakia), menurut Lakebo dalam Ramadhan (2007:27) bahwa klasifikasi anakia terbagi atas:
a. Anakia Mbatola ialah mereka yang memegang tumpuk pimpinan dalam pemerintahan (kerajaan) yang berketurunan sangia (keturunan Dewa dari kayangan)
b. Anakia Wulaa atau Wulaa Motaha yang artinya emas 24 karat atau seorang bangsawan yang kedua bapak atau ibunya adalah keturunan bangsawan tulen.
c. Anakia Wisole ialah mereka yang berketurunan bangsawan tetapi telah mengalami krisis kewibawaan karena mempunyai sifat-sifat yang tidak terpuji, tidak mempunyai potensi ekonomi, miskin/melarat dan sebagainya.
d. Anakia Mbatua yaitu golongan bangsawan yang hanya ibu bapaknya memiliki keturunan bangsawan sedangkan ayahnya berasal dari golongan orang biasa/budak.
e. Anakia Ndia’asi yaitu seorang yang meskipun ayahnya seorang golongan bangsawan murni namun ia lahir dalam perkawinan yang tidak wajar (dihamili) dari ibu yang satatusnya hamba (budak) di dalam rumah raja/bangsawan atau ayahnya didalam rumah dan tidak dikawini secara resmi.
f. Anakia Sakara ialah mereka yang lahir dari ayah golongan keempat dengan golongan budak yang merdeka.
Khusus golongan menengah (golongan penghulu atau Tono Motu’o) mereka ini dalam sistem sosial masyarakat Tolaki dipandang tidak punya klasifikasi pembagian kelas seperti golongan anakia. Tetapi mereka ini mempunyai status pembagian keturunan kepemimpinan didalam struktur pemerintahan desa atau dalam misi-misi berat mewakili raja atau utusan kepercayaan raja dalam satu bidang pekerjaan yang memerlukan keberanian, ketangguhan atau ketegaran misalnya, termasuk golongan panglima perang, juru bicara, utusan raja dan sebagainya.
Adapun golongan ketiga (orang kebanyakan) golongan ini menurut Ramadhan (2007:28) terbagi atas enam golongan yakni:
a. Ndoni motu’o yaitu orang kebanyakan tetapi punya hubungan daran salah satu sisi orang tuannya dengan golongan penghulu.
b. Ata Wonua yaitu mereka yang diperbudak/dianggap termasuk golongan orang biasa karena ditawan oleh raja, jadi meskipun mereka negerinya mungkin dari golongan bangsawan
c. Ata Inoli yaitu mereka dibeli atau bayaran hutang dari seseorang raja terhadap raja lain.
d. Ata Mbinohua yaitu mereka yang diserahkan oleh seorang raja kepada sesama raja atas sebab-sebab tertentu misalnya kalah judi dan sebagainya.
e. Ulu Lausa yaitu mereka yang secara turun temurun menjadi pengabdi raja.
f. Toono Biasa yaitu mereka yang tidak termasuk salah satu golongan diatas maupun golongan menengah (orang kebanyakan) yang juga budak-budak.
e. Sejarah Singkat Kota Kendari
Terbentuknya Kota Kendari diawali dengan terbukanya Teluk Kendari menjadi pelabuhan bagi para pedagang, khususnya pedagang Bajo dan Bugis yang datang berdagang sekaligus bermukim di sekitar Teluk Kendari. Fenomena ini juga didukung oleh kondisi sosial politik dan keamanan di daerah asal kedua suku bangsa tersebut di kerajaan Luwu dan Kerajaan Bone.
Pada awal abad ke-19 sampai dengan kunjungan Vosmaer (seorang Belanda) pada tahun 1831, kendari merupakan tempat penimbunan barang (pelabuhan transito). Kegiatan perdagangan kebanyakan dilakukan oleh orang Bajo dan Bugis yang menampung hasil bumi dari pedalaman dan dari sekitar Teluk Tolo (Sulawesi Tengah). Barang-barang tersebut selanjutnya dikirim ke Makassar atau ke kawasan Barat Nusantara sampai ke Singapura.
Berita tertulis pertama Kota Kendari diperoleh dari tulisan Vosmaer (1839) yang mengunjungi Teluk Kendari untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Mei 1831 dan membuat peta Teluk Kendari. Sejak itu Teluk Kendari dikenal dengan nama Vosmaer’s Baai (Teluk Vosmaer). Vosmaer kemudian mendirikan Lodge (Loji=kantor dagang) di sisi utara Teluk Kendari. Pada tahun 1832 Vosmaer mendirikan rumah untuk Raja Laiwoi bernama Tebau, yang sebelumnya bermukim di Lepo-lepo.
Mengacu pada informasi tersebut, maka Kota Kendari telah ada pada awal abad ke-19, dan secara resmi menjadi ibu kota Kerajaan Laiwoi pada tahun 1832, ditandai dengan pindahnya istana Kerajaan Laiwoi di sekitar Teluk Kendari; dengan demikian, Kota Kendari sebagai ibu kota sudah berusia sekitar 176 tahun, dan jauh sebelum itu telah ada perkembangan sejarah masyarakat di wilayah Kota Kendari sekarang ini.
Kota kendari dalam berbagai dimensi dapat dikatakan sudah cukup tua. Hal didasarkan pada beberapa sumber baik secara lisan maupun dokumentasi. Jika Kota Kendari dilihat dari fungsinya, maka dapat disebut sebagai kota dagang, kota pelabuhan, dan kota pusat kerajaan. Kota Kendari sebagai kota dagang merupakan fungsi yang tertua baik sumber lisan dari pelayar Bugis dan Bajo maupun dalam Lontara’ Bajo, dan sumber penulis Belanda (Vosmaer,1839) dan penulis Inggris (Heeren, 1972) menyatakan bahwa para pelayar Bugis dan Bajo telah melakukan aktivitas perdagangan di Teluk Kendari pada akhir abad ke-18 ditunjukkan adanya pemukiman kedua etnis tersebut disekitar Teluk Kendari pada awal abad ke-19. Sebagai fungsi kota pelabuhan dapat dikatakan pada awal abad ke-19, menyusul fungsi Kota Kendari sebagai kota pusat Kerajaan Laiwoi pada tahun 1832 ketika dibangunnya istana raja di sekitar Teluk Kendari.
Pada waktu Mokole Konawe Lakidende wafat maka Tebau Sapati RanomeEto sudah mengaggap diri sebagai kerajaan sendiri lepas dari kerajaan konawe, dan sejak itu pula Tebau Sapati RanameEto mengadakan hubungan dengan pihak belanda yang kemudian pada waktu belanda datang di wilayah RanomeEto diadakanlah perjanjian dengan Belanda di tahun 1858 yang ditanda tangani oleh ”Lamanggu raja Laiwoi” dan di pihak belanda ditandatangani oleh A.A. Devries atas nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Dan di tahun 1906 pelabuhan Kendari yang dulunya dikenal dengan nama ”Kampung Bajo” dibuka untuk kapal-kapal Belanda. Dengan demikian mengalirlah pedagang-pedagang Tiong Hoa datang ke Kendari. Perhubungan jalan mulai dibangun sampai kepedalaman. Raja diberi gelar Raja Van Laiwoi dan rakyat mulai di resetle membuat perkampungan dipinggir jalan raya. Kendari berangsur-angsur dibangun jadi kota dan tempat-tempat kedudukan district Hoofd.
Kota Kendari dimasa Pemerintahan kolonial Belanda merupakan ibukota kewedanaan dan ibukota onder Afdeling Laiwoi yang luas wilayahnya pada masa itu kurang lebih 31,420 km2. Sejalan dengan dinamika perkembangan sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan laut antar pulau, maka kendari terus tumbuh menjadi ibukota Kabupaten dan masuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.
Dengan keluarnya Undang-undang nomor 13 tahun 1964 terbentuklah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kendari ditetapkan sebagai ibukota Provinsi yang terdiri dari 2 (dua) wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Kendari dan Kecamatan Mandonga dengan luas wilayah 76,760 km2. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 1978 Kota Kendari ditetapkan menjadi Kota Administratif yang meliputi 3 (tiga) wilayah Kecamatan dengan luas wilayah 187,990 km2 yang meliputi Kecamatan Kendari, Kecamatan Mandonga dan Kecamatan Poasia.
Selama terbentuknya Kota Kendari, berturut-turut menjadi Walikota sebagai berikut :
No | Wali Kota Yang Memerintah | | Tahun Pemerintahan |
1 | H. MANSYUR PAMADENG | | Tahun 1978 - 1979 |
2 | Drs. H.M. ANTERO HAMRA | | Tahun 1980 - 1985 |
3 | Drs. H. ANAS BUNGGASI | | Tahun 1985 – 1988 |
4 | H. ANDY MANILEP | Pelaksana Tugas | Tahun 1988 – 1991 |
5 | Drs. A. KAHARUDDIN | Pelaksana Tugas | Tahun 1991 – 1992 |
6 | Drs. USMAN SABARA | Pelaksana Tugas | Tahun 1993 – 1995 |
7 | Drs. H. LM. SALIHIN SABORA |
| Tahun 1993 – 1995 |
8 | Kol. (Inf) A. RASYID HAMZAH | Pelaksana Tugas | Tahun 1995 |
Melalui perjuangan panjang dan tekad warga kota untuk merubah status kota administratif menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II sebagai daerah otonom, maka dengan keluarnya undang-undang No. 6 tahun 1995 tanggal 3 Agustus 1995 Kota Administratif Kendari ditetapkan menjadi Kotamadya Dati II Kendari yang diresmikan oleh Bapak Mentri Dalam Negeri pada tanggal 27 September 1995 dan tanggal ini pula ditetapkan sebagai hari lahirnya Kotamadya Dati II Kendari.
Dengan terbentuknya Kotamadya Daerah Tingkat II Kendari, maka sebagai Walikotamadya KDH Tk.II Kendari, berturut-turut : (1) Drs. LASJKAR KOEDOES Pj. Walikotamadya KDH Tk. II Kendari sejak 20 September 1995 sampai 27 September 1996 Ketua DPRD Bapak Letkol (Laut) SOEKARNO, SH dengan jumlah anggota DPRD sebanyak 20 orang. (2) Drs. H. MASYHUR MASIE ABUNAWAS, Walikota Kendari mulai 27 September 1996 - tahun 2001 sebagai ketua DPRD-nya Letkol (Laut) SOEKARNO, SH
Hasil PEMILU Tahun 1999 menetapkan sebagai Ketua DPRD terpilih adalah Bapak H. HAERUDDIN PONDIU dengan jumlah anggota DPRD sebanyak 25 orang. Drs. H. A. KAHARUDDIN, Pj Walikota Kendari Tahun 2002, Drs. H. MASYHUR MASIE ABUNAWAS, M.Si, Walikota Kendari dan Ir. ANDI MUSAKKIR MUSTAFA, MM sebagai Wakil Walikota mulai tahun 2002 – 2007 dan dari hasil PEMILU tahun 2003 menetapkan sebagai Ketua DPRD Bapak BACHRUN KONGGOASA dengan jumlah anggota DPRD sebanyak 30 orang.
Ir. H. ASRUN, M. Eng. Sc. sebagai Walikota dan H. MUSADAR MAPPASOMBA, SP., MP. Wakil Walikota Kendari periode 2007-2012 yang dilantik pada tanggal 8 Oktober 2007 oleh Gubernur atas nama Mendagri.
Sejak Kota Kendari mulai dikenal sejak itu pula dimulai pembangunan secara bertahap sesuai dengan kondisi waktu itu hal ini tentunya tidak luput dari perkembangan penduduk dan dinamika pembangunan yang dibuktikan dengan adanya pemekaran wilayah mulai dari luas 31,420 Km2 sampai luas 295,89 Km2.
Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 yang telah direvisi dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah, Maka istilah Dati II dan Kotamadya berubah menjadi Kabupaten/Kota.
Kota Kendari hingga saat ini telah mempunyai 10 (sepuluh) Wilayah Kecamatan dan 64 Kelurahan, Jumlah penduduk Kota Kendari Tahun 2006 berjumlah kurang lebih 244.586 jiwa terdiri 119.529 jiwa laki-laki dan 125.057 jiwa perempuan dengan tingkat pertumbuhan Ekonomi tahun 2006 mencapai 7,64%. Kota Kendari didiami oleh 4 kelompok suku besar yaitu Tolaki, Muna, Buton, Bugis-Makassar, namun yang unik bahwa semua etnis yang ada diwilayah Indonesia dapat dijumpai di Kota Kendari.
Heterogenitas masyarakat yang sangat membanggakan adalah masyarakatnya selalu ingin hidup berdampingan dengan damai menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga stabilitas daerah tetap terjaga dengan baik; hal ini merupakan modal dasar untuk melakukan pembangunan demi kemajuan dan perkembangan kota dimasa sekarang dan yang akan datang.
Untuk mengantisipasi kemajuan perkembangan pembangunan, Pemerintah Kota bersama masyarakat membangun Visi Kota Kendari kedepan yaitu: ”MEWUJUDKAN KOTA KENDARI TAHUN 2020 SEBAGAI KOTA DALAM TAMAN YANG BERTAKWA, MAJU, DEMOKRATIS, MANDIRI DAN SEJAHTERA”. ”KOTA YANG MAJU”, artinya Kota ini harus dapat berkembang sejajar dengan kota-kota lain dalam konteks paradigma yang berlaku, kondisi sosial, ekonomi dan budayanya yang maju, tetapi lingkungan fisik juga terpelihara dengan baik, ”DEMOKRATIS” berarti kota yang dapat menerima perbedaan, mengembangkan keterbukaan, mendorong partisipasi masyarakat serta memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk megembangkan potensi dirinya, serta pemerintahan yang dapat mengakomodir segala permasalahan dan persoalan yang ada dalam wilayahnya.
”MANDIRI” berarti kota ini tidak berdiri sendiri dan kerjasama atau kemitraan baik interen maupun eksteren. Diantara komponen warga kota dapat mengembangkan kemitraan, begitu juga kemitraan dengan kota-kota lain.
”SEJAHTERA”, bahwa kota ini harus dapat memberikan kesejahteraan bagi warganya baik secara lahir maupun batin. Untuk mendukung visi kota, maka visi yang akan diemban adalah ”(1) misi lingkungan (2) misi sosial kemasyrakatan (3) misi pelayanan (4) misi perekonomian (5) misi profesionalisme aparat dan (6) misi kepemerintahan yang baik (Good Governance)”.
Kemudian misi tersebut diimplementasikan kedalam 3 (tiga) strategi pendekatan yang meliputi; (1) Peningkatan kualitas SDM, yang meliputi aspek head, heart, dan hand.(2) Catur Bina, yang meliputi bina spiritual, bina sosial ekonomi, bina fisik/lingkungan, dan bina kamtibmas (3) Peningkatan Daya Saing Kota, meliputi aspek ethics and law enforcement, employment, environment, equity and engegement.
nice info
BalasHapusCargo Jakarta Cepat & Murah Express